TUGAS MINGGU 11,12,13
1.
Aprilia Rahayu (21212016)
2. Dewi Sartika (21212962)
3. Firmansyah J.R (22212989)
4. Insanul Ikhlas (23212741)
5. Nur Siti Fatimah (25212473)
1.
Buatlah 1contoh laporan keuangan perusahaan riil dan universal (Neraca dan Laporan
R/L) (dilampirkan dalam print out)
2.
Apa arti dari CSR tentang tanggung jawab sosial suatu bisnis pada masyarakat
dan berilah 1contoh perusahaan riil dan universal untuk berimplementasi pada
CSR
Definisi CSR (Corporate Social
Responsibility) adalah suatu
tindakan atau konsep yang dilakukan oleh perusahaan (sesuai kemampuan
perusahaan tersebut) sebagai bentuk tanggungjawab mereka terhadap
sosial/lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berada.
Contoh bentuk tanggungjawab itu
bermacam-macam, mulai dari melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan
kesejahteraan masyarakat dan perbaikan lingkungan, pemberian beasiswa untuk
anak tidak mampu, pemberian dana untuk pemeliharaan fasilitas umum, sumbangan
untuk desa/fasilitas masyarakat yang bersifat sosial dan berguna untuk
masyarakat banyak, khususnya masyarakat yang berada di sekitar perusahaan
tersebut berada.
Corporate
Social Responsibility (CSR) merupakan fenomena strategi perusahaan yang
mengakomodasi kebutuhan dan kepentingan stakeholder-nya. CSRtimbul
sejak era dimana kesadaran akan sustainability perusahaan jangka
panjang adalah lebih penting daripada sekedar profitability.
Contoh
Perusahaan Riil dan Universal yang berimplementasi pada CSR adalah PT. Krakatau Industrial Estate
PT. KIEC, Memberikan manfaat kepada lingkungan merupakan wujud tanggung jawab perusahaan. Tanggung jawab tersebut diwujudkan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) PT KIEC. Komitmen PT KIEC terhadap pengembangan wilayah dan masyarakat menjadikan CSR dalam bentuk Community Development (CD) sebagai bagian integral dalam proses menjalankan bisnis.
Melalui program-program CSR perusahaan, terdapat paling tidak empat pihak yang harus diperhatikan oleh perusahaan yaitu karyawannya sendiri, masyarakat sekitar lokasi perusahaan, pemerintah pusat dan daerah serta lingkungan fisik di lokasi kegiatan perusahaan.
CSR merupakan bagian penting, karena tanpa dukungan yang kuat dari masyarakat di sekitar lokasi perusahaan, operasional tidak akan berjalan dengan lancar, intervensi, gangguan, provokasi, blokade dan mungkin demontrasi akan selalu mewarnai kegiatan operasional perusahaan. Program kemasyarakatan adalah sesuatu dimana perusahaan dapat menunjukkan kepada masyarakat bagaimana seriusnya komitmen perusahaan untuk melaksanakan program CSR yang telah menjadi salah satu competitive advantage bagi perusahaan yang melaksanakannya.
CSR juga berperan sebagai collaboration tools untuk menjembatani kepentingan perusahaan dengan keinginan masyarakat setempat. CSR harus dapat mengelola resiko yang terjadi serta menangkap peluang-peluang yang terbuka bagi perusahaan. Tidak tepatnya pengelolaan program CSR dapat mengakibatkan resiko bagi operasional bisnis perusahaan, seperti munculnya gugatan dari masyarakat terhadap legalitas ijin beroperasi, hancurnya citra perusahaan, timbulnya pergolakan sosial, dan penurunan moral serta produktivitas karyawan.
PT. KIEC, Memberikan manfaat kepada lingkungan merupakan wujud tanggung jawab perusahaan. Tanggung jawab tersebut diwujudkan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) PT KIEC. Komitmen PT KIEC terhadap pengembangan wilayah dan masyarakat menjadikan CSR dalam bentuk Community Development (CD) sebagai bagian integral dalam proses menjalankan bisnis.
Melalui program-program CSR perusahaan, terdapat paling tidak empat pihak yang harus diperhatikan oleh perusahaan yaitu karyawannya sendiri, masyarakat sekitar lokasi perusahaan, pemerintah pusat dan daerah serta lingkungan fisik di lokasi kegiatan perusahaan.
CSR merupakan bagian penting, karena tanpa dukungan yang kuat dari masyarakat di sekitar lokasi perusahaan, operasional tidak akan berjalan dengan lancar, intervensi, gangguan, provokasi, blokade dan mungkin demontrasi akan selalu mewarnai kegiatan operasional perusahaan. Program kemasyarakatan adalah sesuatu dimana perusahaan dapat menunjukkan kepada masyarakat bagaimana seriusnya komitmen perusahaan untuk melaksanakan program CSR yang telah menjadi salah satu competitive advantage bagi perusahaan yang melaksanakannya.
CSR juga berperan sebagai collaboration tools untuk menjembatani kepentingan perusahaan dengan keinginan masyarakat setempat. CSR harus dapat mengelola resiko yang terjadi serta menangkap peluang-peluang yang terbuka bagi perusahaan. Tidak tepatnya pengelolaan program CSR dapat mengakibatkan resiko bagi operasional bisnis perusahaan, seperti munculnya gugatan dari masyarakat terhadap legalitas ijin beroperasi, hancurnya citra perusahaan, timbulnya pergolakan sosial, dan penurunan moral serta produktivitas karyawan.
3.
Jelaskan perkembangan bisnis Internasional pada kurun waktu 5tahun terakhir dan
10 tahun mendatang.
Perkembangan
bisnis Internasional 5tahun kebelakang:
v Perkembangan Ekspor
Nilai ekspor Indonesia hingga bulan Juli 2011 mencapai
US$ 116,04 miliar mengalami peningkatan sebesar 36,5% dibanding ekspor periode
yang sama tahun 2010, yang masih dalam proses pemulihan seiring menurunnya permintaan
luar negeri akibat krisis global yang terjadi sepanjang tahun 2009. Peningkatan
ini dipacu oleh peningkatan ekspor migas sebesar 47,4%, dan ekpor non migas
sebesar 33,1%
Sementara itu, ekspor pada bulan juli 2011 mengalami
penurunan sebesar 5,2% dibandingkan bulan sebelumnya. Lebih rendahnya nilai
ekspor dibulan juli dibandingkan dengan bulan sebelumnya lebih diakibatkan oleh
turunnya nilai ekspor nonmigas pada bulan juli 2011 sebesar 7,93%
Perkembangan
bisnis internasional 10tahun mendatang:
v Perkembangan Ekspor
Pemerintah masih belum bisa menganalisa bagaimana
perkembangan bisnis Internasional dalam 10tahun mendatang. Karena kondisi
perekonomian dunia pun yang terus menerus tidak pasti dalam tahun ini. Menurut
menteri perdagangan Gita Wijarwan, bisnis internasional tahun mendatang tidak
terlalu optimis, beliau meyakini status surplus masih bisa dijaga asal kondisi
perekonomian dunia menunjukan perbaikan. Untuk tahun ini menurut beliau surplus
sisi ekspor tergolong aman. Beliau yakin perdagangan indonesia akan stabil
untuk tahun-tahun mendatang.
Target pemerintah dalam bisnis internasional khususnya
Ekspor adalah USD 230 miliar, Bisa terwujud jika pemerintah Uni Eropa dan
Amerika sudah tidak terbelit krisis hutang dan defisit anggaran Negara yang
besar.
Namun, dari beberapa prediksi yang kurang
menggembirakan itu, masih ada secercah kabar baik dari sektor perdagangan
internasional, yaitu China bulan lalu mencatat peningkatan ekspor sebesar 11
persen. Gita menilai pertumbuhan ekonomi dunia bakal dapat angin segar bila
Negeri Tirai Bambu itu kembali mengalami pertumbuhan ekonomi di atas 7 persen.
Seperti yang dikutip dari merdeka.com

Tidak ada komentar:
Posting Komentar