TUGAS
TULISAN PENGANTAR BISNIS 1
KELAS 1EB20
1. Aprilia
Rahayu (21212016)
2. Dewi
Sartika (21212962)
3. Firmansyah
J.R (22212989)
4. Insanul
Ikhlas (23212741)
5. Nur
Siti Fatimah (25212473)
PENDAHULUAN
·
Latar Belakang
Didalam dunia
bisnis saat ini sangatlah berkembang pesat, salah satu contohnya adalah maraknya kini supermarket yang sering kita
sebut dengan Indomaret dan Alfamart. Sebenarnya selain Alfamart dan Indomaret
masih banyak pemain minimarket lain. Sebut saja Circle K, Starmart, Yomart, AMPM,
dan beberapa nama lainnya (termasuk pemain lokal). Namun, yang tampak di mata
masyarakat adalah adu kuat antara Alfamart dan Indomaret. Maklum, kedua merek
minimarket ini sangat agresif menggarap pasar hingga ke kawasan perumahan.
Saking ketatnya bersaing, mereka seperti tak peduli dengan kedekatan lokasi
toko. Dalam radius 10 meter, gampang sekali dijumpai toko Alfamart berhadapan
dengan Indomaret. Malahan, di beberapa tempat ada satu gerai Indomaret diapit
dua Alfamart. Boleh dikatakan ini jurus
Alfamart untuk menekan Indomaret yang rata-rata gerainya lebih luas dibanding
Alfamart.
·
Tujuan Penulisan
Penulis berharap makalah ini dapat menambah pengetahuan,
wawasan untuk mengenal lebih dalam mengenai dunia bisnis saat ini terutama pada
Alfamart dan Indomaret saat ini, serta menegetahui apa sebabnya kini banyak
Alfamart dan Indomaret saling berdekatan.
·
Pembahasan
Alfamart . Saat ini sudah mencapai lebih
dari 2.779 gerai seperti hendak mengimbangi pertumbuhan jumlah gerai Indomaret-
pesaing utamanya yang juga tumbuh pesat.Indomaret pun tak mau kalah set dari
Alfamart. Tak puas dengan 3.134 gerainya, tahun ini Indomaret berencana
menambah sekitar 900 gerai lagi. Target itu mengalami kenaikan lebih- kurang
250 gerai dibanding tahun 2008 yang penambahan gerainya berkisar 650 toko.
“Kami akan teruskan ke Aceh.
Jadi, tahun ini total gerai kami akan menjadi
4.000 an toko. Kami buka di Palembang dan Bali, “ujar Laurensius Tirta Widjaja,
Direktur Pemasaran PT Indomarco Prismatama (IP), pengelola jaringan minimarket
Indomaret. Saat ini gerai Indomaret di Bali mencapai 50 toko dan di Medan 42
toko. Lauren mengklaim pihaknya adalah pionir di kedua wilayah itu.Alfamart
bertekad meningkatkan porsi waralabanya dari 23 % menjadi 30 %, sehingga member
peluang lebih besar pada investor untuk membesarkan Alfamart hingga ke pelosok.
Dalam hal penentuan lokasi gerai
Indomaret, metodenya relative fleksibel. Di Jakarta misalnya, diplot dulu
daerah utara, selatan, barat dan timur. Kemudian dipilah lagi per kecamatan dan
kabupaten. Nah, di tiap kecamatan dibuka kesempatan pembukaan dua-tiga toko.
Bila dalam perkembangannya kinerja gerai-gerai itu bagus, akan ditambah lagi
kesempatan pembukaan gerai lainnya. Meningkatkan pola kerja sama waralaba
adalah strategi lain yang dilancarkan minimarket untuk ekspansi. Dalam hal ini
Alfamart bertekad meningkatkan porsi waralabanya dari 23% menjadi 30%, sehingga
memberi peluang lebih besar pada investor untuk membesarkan Alfamart hingga ke
pelosok. Adapun Indomaret mengaku hendak meningkatkan inovasi produknya. Salah
satunya kini dikembangkan dalah meluncurkan kartu multifungsi. Smart card ini
tidak hanya berfungsi untuk belanja, tapi juga untuk membayar tagihan telepon,
listrik, cicilan motor dan mobil. Sekadar mengingatkan, saat ini jaringan
Indomaret yang menggunakan system waralaba berjumlah 1.300 gerai.
Perkembangan yang menarik juga bisa
dilihat dari sisi merek produk yang dijajakan. Rupanya tak hanya hypermarket
yang jeli membuat private label. Pengelola Jaringan minimarket pun
mengembangkan private label untuk menambah portofolio produknya dengan harga
miring dibanding produk serupa dari merek-merek terkenal.
sumber :
awanragil.multiply.com, indocashregister.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar